Mengenal Teknologi 4G

4G adalah istilah yang dipakai untuk generasi keempat pada sistem komunikasi seluler yang menawarkan kecepatan sekitar 10 kali lebih cepat dari generasi ketiga saat ini atau jaringan3G. Ini merupakan akses data dengan kecepatan tinggi yang bisa membuat smartphone jauh lebih sebanding dengan PC, yang memberi mereka kemampuan multimedia yang lebih baik dan sangat baik terutama untuk bermain game.

Apa yang berbeda pada teknologi 4G?gambar new.gif

Sama seperti di dunia 3G, teknologi 4G terbagi ke dalam dua kubu yaitu: LTE dan WiMax. Mereka tidak selaras dengan GSM vs CDMA dalam soal speed, meskipun kali ini AT & T dan Verizon sedang bergerak ke arah teknologi LTE, sedangkan Sprint pada WiMax.Ada cukup banyak perdebatan tentang apakah LTE dan WiMAX memenuhi semua persyaratan teknis, yang harus diklasifikasikan kedalam teknologi 4G. International Telecommunication Union menunjukkan bahwa WiMax,memiliki standar yang Sprint terhadap 4G, walaupun ini masih sebenarnya bagian dari turunan 3G, meskipun pasar WiMax Sprint menggunakan 4G dengan kecepatan yang sebanding dengan kecepatan LTE saat ini.

WiMax berakar di industri akses nirkabel broadband dan didukung oleh IEEE, sementara standar LTE telah diciptakan oleh sebuah konsorsium perusahaan mobile. WiMax memerlukan jaringan baru yang akan dibangun sedangkan LTE merupakan evolusi dari yang ada / CDMA jaringan HSPA.

Seberapa cepatkah Wirelles 4G?

Para pakar teoritis mengemukakan bahwa, maksimum transfer data dengan teknologi 3G adalah 2 Mbps. Tapi dalam prakteknya, Anda tidak akan mendapatkan lebih dari 500 Kbps yang bisa menjadi 1,5 Mbps itu terjadi, karena itu semua tergantung pada operator Anda, baik itu pada lokasi menara seluler, serta kondisi kemacetan, dll.

WiMAX dapat menawarkan puncak kecepatan download data sampai 6 Mbps hingga 1 Mbps untuk upload data, saingan LTE yaitu WiMax telah mengatakan ia bisa melakukan transmisi secara lebih baik karena mereka Memiliki kecepatan download pada puncak sebesar 100 Mbps dan dapat mendukung upload dengan kecepatan hingga 50 Mbps.

Tapi ingat, ini adalah merupakan kecepatan secara teoritis pada ujicoba di laboratorium Rats. Mereka mencoba menambahkan beberapa juta perangkat soft pada jaringan, dan uji coba men-download klip Komedi pada Flash-enabled telepon, video chatting, streaming movie dalam Saw film franchise dan parodi upload dari rilis terbaru Lady gaga, dan mereka masih menemukan adanya penurunan pada kecepatan akses.

Untuk itu ide yang lebih baik dari apa yang dapat Anda harapkan pada perangkat 4G ini, lihatlah apa yang sudah dilakukan Pc world pada tes uji coba pada WiMax Sprint dan jaringan 4G LTE Verizon dan telah ditampilkan.pada laporan PC World yang menyatakan bahwa HTC EVO telepon 4G tidak pernah melewati 3 Mbps dalam tes yang ditandai pada akses telepon nasional. Dan tes pada Verizon menunjukkan, kecepatan download yang berkisar antara 5 Mbps sampai 12 Mbps dan dengan kecepatan upload dari 2 Mbps sampai 5 Mbps.

Dimana Negara Mana Saja Kita bisa mendapatkan Akses 4G?

Sekitar 36 kota di AS termasuk Seattle, Baltimore, Chicago dan Dallas telah memiliki cakupan 4G dari Sprint dan Masih ada beberapa nama kota besar lain seperti San Francisco dan New York hilang dari daftar, tapi Sprint mengatakan 4G akan tiba di sana pada akhir tahun ini. Anda dapat melihat daftar rinci tentang kota yang telah berada pada cakupan 4G di situs Sprint.

Apakah perlu telepon baru untuk menikmati layanan dari 4G?

Untuk bisa menggunakan 4G anda akan membutuhkan Handphone baru agar bisa menikmati layanan 4G ini, yaitu Anda akan memerlukan 4G smartphone pertama keluaran Evo HTC, perangkat ini menjalankan Google’s Android pada sistem operasinya, HTC Evo adalah perangkat yang sangat cantik “menurut Gue” dengan layar sentuh 4,3 inci, dua kamera, GPS navigasi, output HDMI dan mobile dengan kemampuan hot-spot.

Sementara itu, Samsung menciptakan sebuah ponsel 4G untuk MetroPCS. Telepon yang tidak kalah cantik ini bernama SCH-r900 yang akan memiliki prosesor 624-MHz, 128 MB RAM, layar 3,2 inci, dan Windows Mobile 6.1 pda sistem operasi.

Sudah pasti, Apple akan menambahkan tag 4G untuk iPhonenya karena bagaimana pun perusahaan ini telah mengklaim pada produk smartphonenya sebagai generasi selanjutnya (The Next Generation) dalam dokumen hukumnya. Tapi mereka masih memiliki kendala dalam koneksi jaringan 4G – kecuali Apple membuat ponsel eksklusif untuk Sprint.

AT & T: perusahaan ini berencana untuk mulai uji jaringan 4G nya akhir tahun ini. AT & T akan membuat sebagian besar penyebaran LTE pada tahun 2011.

Verizon: Pada tahun 2009, Verizon diuji pada layanan nirkabel 4G di Boston dan Seattle. Verizon mengatakan, pihaknya akan mulai menawarkan layanan komersial tahun ini di sekitar 30 kota sehingga dapat mencakup sekitar 100 juta pengguna. Pada 2013, Verizon dengan harapan untuk memiliki layanan 4G ini sudah tersedia secara internasional.

Sprint: Sprint memimpin muatan 4G dengan jaringan yang sudah tersedia di setidaknya 36 kota. Pada akhir tahun ini, kebanyakan kota besar akan ditanggung oleh jaringan 4G Sprint.

T-Mobile: T-Mobile tidak terburu-buru untuk sampai ke 4G. Mungkin karena pertama kebutuhan untuk mendapatkan jaringan 3G dalam rangka. Operator nirkabel masih berbicara tentang upgrade jaringan 3G-nya menjadi 3,5 G atau HSPA +. HSPA + akan datang ke Los Angeles dan kota-kota besar lainnya di Amerika Serikat tahun ini, kata T-Mobile 4G adalah jelas jauh.

MetroPCS: Telepon 4G LTE pertama bisa datang dari MetroPCS, yang bekerja sama dengan di perangkat Samsung. MetroPCS berencana memulai layanan 4G nya akhir tahun ini di kota-kota seperti Las Vegas.

Sejarah bagaimana sampai pada 4G?

Sistem selular telah berkembang dalam empat fase utama atau generasi:

Generasi pertama atau 1G, teknologi analog dan ditransmisikan pada panggilan suara saja.

Generasi kedua, atau 2G, diperkenalkan pada transmisi digital dan menawarkan dukungan pertama untuk data, meskipun masih fokus pada panggilan suara, generasi ke dua ini didasarkan pada salah satu dari dua standar: GSM (digunakan oleh T-Mobile, AT & T, dan kebanyakan operator luar negeri) dan CDMA (digunakan oleh Verizon dan Sprint). Dalam kedua kasus, rata-rata data kecepatan pada jaringan 2G adalah sekitar 9,6 Kbps, hampir sama sebagai modem era 90-an.

The “intermediate 2.5G” tingkat yang mana hal-hal mendapatkan sedikit fuzzy. Di kamp GSM, GPRS disebut standar, yang menawarkan kemampuan transmisi data yang lebih baik, kemudian dikenal sebagai 2.5G. GPRS telah berkembang menjadi jaringan EDGE (sampai dengan kecepatan data 400 kbps) masih digunakan oleh banyak ponsel saat ini. Adapun alam semesta CDMA, 2.5G disebut sebagai 1xRTT, atau hanya 1X. Dalam dunia nyata, itu dikenal sebagai EVDO dan menjanjikan kecepatan download berkisar antara 600 kbps sampai 1,4 Mbps.

Ada terjadi beberapa perdebatan tentang apa yang dimaksud dengan 3G. Secara umum, 3G didefinisikan tidak dengan teknologi yang mendasari, tapi oleh perusahaan yang berdasarkan pada kecepatan: yang bisa sampai 2 Mbps. Verizon dengan sistem 3G Sprint disebut sebagai EVDO, sedangkan AT & T dan T-Mobile menggunakan HSDPA. Tingkat lebih lanjut, yang dikenal sebagai HSDPA + atau Turbo 3G, yang dapat mendukung kecepatan download sampai 14 Mbps.

Langkah selanjutnya adalah 4G

LTE atau Long Term Evolution, adalah standar berevolusi oleh sebuah kelompok yang disebut Generation 3 Proyek Kemitraan. Ini adalah jaringan all-IP berdasarkan protokol inti yang sama dari internet, TCP / IP.

Kedua LTE dan WiMAX menggunakan prinsip-Orthogonal Frekuensi Division Multiple Access, yang secara konseptual telah ada sejak tahun 1960-an. OFDMA didasarkan pada gagasan-division multiplexing frekuensi, yang merupakan metode untuk mengirimkan data stream melalui beberapa saluran. Dalam kasus OFDMA, sebuah aliran data digital yang perlu ditransmisikan dibagi menjadi beberapa bagian, yang masing-masing dimodulasi ke pembawa terpisah. Sub-carrier digabungkan bersama-sama pada akhirnya.

Perbedaan antara LTE dan WiMAX terletak pada bagaimana mereka menangani saluran untuk pengolahan data. WiMax memproses semua informasi dalam saluran lebar. Dalam hal pelaksanaan tentang WiMAX Clearwire, yang berarti sekitar dua-pertiga dari saluran tersebut digunakan untuk download, sedangkan yang ketiga digunakan untuk meng-upload data.

LTE membagi saluran menjadi dua bagian yang menggunakan frekuensi-division multiplexing, sehingga download dan kecepatan upload lebih seimbang.

Sumber :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: